Ibadah Hari Minggu


Kenapa Orang Kristen Beribadah di Hari Minggu





Di sebuah Sekolah Menengah Umum Negeri ada seorang siswa beragama kristen bernama Anton. Dia adalah seorang yang pendiam tapi pandai dalam pelajaran. Dia juga adalah seoarang yang rajin ke gereja tiap hari minggu.

Suatu saat seorang teman bertanya kepadanya :"eh Anton.. Aku mau tanya.. Kenapa sih orang kristen itu ibadahnya tiap hari minggu ..?". Lanjutnya : "padahal aku dengar hari minggu itu dulu dianggap hari yang tepat untuk menyembah dewa matahari".
Lalu Anton menjawab : "bukan begitu Ria .. Orang kristen beribadah di hari minggu karena hari minggu adalah hari sabat ..".
Ria pun bertanya lagi : "owh.. aneh juga.. aku kira sabat itu sabtu.. bukannya di Israel hari sabat itu sabtu..?!?".
Anton pun dengan agak bingung menjawab : "iyah... Itu dia... Mereka Israel lama... Sedangkan orang kristen adalah Israel baru...".
Ria pun tambah bingung, katanya : "aku kuk jadi bingung.. Israel kuk bisa berubah-rubah.. Hari juga bisa berubah-rubah.. jangan-jangan ntar kitabmu sucimu nanti juga bisa berubah-rubah..".
Anton pun menyahut : "Ya sudahlah gak usah dipikir.. ".




Dalam cerita ilustrasi diatas, Penulis sedang mengangkat suatu fakta :
Sangat banyak orang kristen yang tidak tahu kenapa harus ibadah di hari Minggu ..


Pengetahuan ini mungkin sederhana tapi dianggap hal yang sepele oleh sebagian besar yang mengaku anak-anak Tuhan. Hal inilah yang membuat orang kristen selalu minder untuk menjawab pertanyaan tentang Iman Kristen yang seharusnya mereka jawab. Jika hal sederhana seperti ini saja tidak bisa menjawab, maka bagaimanakah caranya mengajarkan Injil Suci ... ???


Sebenarnya jawaban dari pertanyaan "mengapa orang Kristen ibadahnya pada hari Minggu?" sangatlah sederhana dan mudah..

Yesus dan Para Rasul adalah orang-orang Yahudi. Tentu saja mereka menjalankan apa yang tertulis dalam kitab Taurat. Orang Yahudi beribadah setiap hari Sabat, demikian juga Para Rasul pada mulanya mereka beribadah dan mengajarkan Injil di hari sabat, karena pada waktu itu tempat ibadahnya masih sama dengan golongan orang Yahudi yang lain, yaitu di Sinagoga. Jadi tempat ibadah orang-orang Yahudi baik dari golongan Farisi, Saduki, maupun murid-murid Para Rasul pada waktu itu masih sama.

Kisah Para Rasul 13:13-14
Αναχθεντες δε απο της παφου οι περι τον παυλον ηλθον εις περγην της παμφυλιας ιωαννης δε αποχωρησας απ αυτων υπεστρεψεν εις ιεροσολυμα
Αυτοι δε διελθοντες απο της περγης παρεγενοντο εις αντιοχειαν της πισιδιας και εισελθοντες εις την συναγωγην τη ημερα των σαββατων εκαθισαν
Kisah Para Rasul 13:44
Pada hari Sabat berikutnya datanglah hampir seluruh kota itu berkumpul untuk mendengar firman Allah.
Kisah Para Rasul 15:21
Μωυσης γαρ εκ γενεων αρχαιων κατα πολιν τους κηρυσσοντας αυτον εχει εν ταις συναγωγαις κατα παν σαββατον αναγινωσκομενος

Nah .. Namun ada yang khas diantara murid-murid Para Rasul ...
Mereka percaya akan Yesus adalah Mesias ...
Mereka juga memiliki ciri khas lain diantaranya adalah :

Beribadah di rumah-rumah Jemaat yang kelak menjadi tradisi Persekutuan Doa
Kisah Para Rasul 2:46
Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
Kisah Para Rasul 5:42
Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.

Setiap hari pertama tiap minggu mengadakan Perjamuan Kudus
Kisah Para Rasul 20:7
Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.

Mereka taat dan mengikuti Para Rasul
Kisah Para Rasul 14:4
Tetapi orang banyak di kota itu terbelah menjadi dua: ada yang memihak kepada orang Yahudi, ada pula yang memihak kepada kedua rasul itu.

Karena Iman yang khas inilah membuat mereka Para Rasul dan Jemaat mula-mula makin lama makin terlihat jelas berbeda dari umat Yahudi golongan lain. Sehingga mereka mulai meninggalkan sinagoga dan beralih dari rumah ke rumah masing-masing Jemaat secara bergiliran.

Pada tahun 70 Yerusalem dihancurkan oleh tentara Roma di bawah pimpinan Jenderal titus. Akibatnya Kuil Bait Suci Yerusalem dihancurkan dan membinasakan semua orang-orang Yahudi dari golongan Saduki. Maka golongan Farisi-lah sekarang yang mendominasi bangsa Yahudi secara politik. Pusat Yudaisme pun dipindahkan ke kota Yavneh atau Yamnia, disinilah awal berkembangnya Yudaisme ala Farisi sampai sekarang.

Pada sekitar tahun 90-95 di kota Yavneh tersebut, diadakanlah suatu konsili untuk menentukan Kanon Kitab Yahudi. Namun konsili yang dimonopoli kaum Farisi ini mengecualikan kehadiran orang-orang Yahudi yang percaya Yesus. Demikianlah dalam konsili selain menetapkan kanon Tanakh juga ditetapkan suatu keputusan (Birkat Haminim) yang mengutuk orang-orang yang mempercayai Yesus sebagai Mesias.

Nah sejak itulah secara mutlak orang Kristen sudah berpisah dari Yudaisme dan meninggalkan batas Keyahudiannya ..
Mereka sudah tidak lagi beribadah di sinagoga ...
Dan ada beberapa tradisi yang juga berubah, contoh :
Orang Kristen sudah tidak lagi berpuasa Senin-Kamis akan tetapi berubah menjadi Rabu-Jumat ..
Ibadah Senja Sabat tidak lagi hari Jumat sore tapi Sabtu sore ..
Tidak memperingati Paskah Yahudi tapi Paskah Hari Kebangkitan Yesus ..
Serta banyak lagi yang lainnya dari Tradisi Para Rasul ...

Yang paling utama adalah Tradisi Rasuliah untuk mengadakan Perjamuan Kudus di hari Minggu ..

Kisah Para Rasul 20:7
Pada hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam.

Hari pertama dalam penanggalan Yahudi adalah Yom Rishon atau hari Minggu. Oleh karena itu Tradisi Rasuliah berkembang dalam perjalanannya sehingga kita mengadakan Liturgi Suci tiap hari Minggu. Namun Ibadah Sabat tetap tidak ditinggalkan, Sabat adalah hari ketujuh dari hitungan 7 hari (satu minggu).

Kenapa Para Rasul memilih hari Minggu untuk mengadakan Perjamuan Kudus ... ???

Alasan utama adalah karena di hari tersebut Tuhan Yesus bangkit ...
Yohanes  20:1
Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.

Mereka mengadakan Perjamuan Kudus untuk mengingat akan Kristus dan semua yang telah disampaikanNya kepada Para Rasul ...
Lukas 22:19
Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."

Hari Minggu juga adalah hari pertama dalam penanggalan Yahudi, Rishon adalah juga memiliki arti "Utama/Superior/Pertama" ..
Jadi hari dimana Yesus bangkit, dirayakan dan dimuliakan adalah hari yang utama diantara hari yang lain ..

Oleh karena Iman Kristen berpusat di Kristus (Kristosentris) ...



 

Populer

Terbaru

Recent Posts Widget

Baca Juga

Arsip