Ohola & Oholiba Ayat-Ayat Mesum


Ohola & Oholiba adalah ayat-ayat mesum dalam Alkitab




Si Rahel sedang berjalan menuju rumahnya setelah pulang dari gereja. Ketika hendak melewati gang di depan gang tersebut ada segerombolan pemuda yang berpakaian alim. Melihat si Rahel gerombolan pemuda tersebut menggodai Rahel. Kontan aja Rahel marah sambil berkata :

Jangan kurang ajar yah, apa kalian tidak diajari sopan yah ?

Salah satu dari gerombolan tersebut menjawab :

Halah di kitabmu kan juga diajari mesum ..
Coba liat ayat tentang Ohola dan Oholiba ...
Wuih tuhan orang kristen ngajarin mesum ... !!!
Si Rahel pun cepat-cepat berjalan untuk pulang meninggalkan gerombolan tersebut, kebetulan rumahnya sudah tidak begitu jauh.



Dalam kehidupan bermasyarakat yang majemuk, apa yang diceritakan penulis dalam ilustrasi diatas sudah pasti akan dialami atau terjadi. Dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada diri kita ataupun orang-orang dekat kita. Namun yang ditekankan penulis adalah :
Bagaimana kita bisa memberi jawaban minimal terhadap hati kita sendiri ...
Mari kita buka dan baca Yehezkiel 23:1-49 ...
Coba lihat ayat berikut :
Yehezkiel 23:4
וּשְׁמוֺתָן אָהֳלָה הַגְּדוֺלָה וְאָהֳלִיבָה אֲחוֺתָהּ וַתִּהְיֶינָה לִי וַתֵּלַדְנָה בָּנִים וּבָנוֺת וּשְׁמוֺתָן שֹׁמְרוֺן אָהֳלָה וִירוּשָׁלִַם אָהֳלִיבָה:

Nama yang tertua ialah Ohola dan nama adiknya ialah Oholiba. Mereka Aku punya dan mereka melahirkan anak-anak lelaki dan perempuan. Mengenai nama-nama mereka, Ohola ialah Samaria dan Oholiba ialah Yerusalem.
Nah dari sini aja uda jelas bukan ...
Ohola     è Samaria     : Merujuk kepada Kerajaan Israel Utara
Oholiba  è Yerusalem  : Merujuk kepada Kerajaan Israel Selatan
Keduanya adalah gambaran dari Jemaat Allah sebagai kepunyaan dari Allah. Seumpama mempelai, maka keduanya adalah mempelai perempuan dari Allah. Seumpama suami istri, maka keduanya adalah istri dari Allah.

Ayat-ayat dalam pasal 23 tersebut berbicara tentang persekutuan politis Israel dengan bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, termasuk ketidakpercayaan kepada kuasa Tuhan. Mereka lebih mengandalkan hubungan diplomatiknya dengan bangsa-bangsa tersebut, serta mengabaikan apa yang dikehendaki Tuhan bagi bangsa Israel. Hal inilah yang disamakan sebagai pelacuran.

Padahal bangsa-bangsa tersebut selalu menyeret bangsa Israel untuk beribadah kepada illah-illah mereka, inilah yang disamakan sebagai perzinahan.

Ayat-ayat yang berbau mesum atau cabul dituliskan di dalam kitab tersebut untuk menunjukkan secara terang-terangan tentang dosa yang menjijikkan bagi Allah.
Dan dosa tidak perlu ditutup-tutupi untuk mengingatkan pada manusia dan menghindarinya.
Karena Upah dosa adalah maut ...
Roma 6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.
Pada Jaman Nabi Yehezkiel Kerajaan Israel telah terbagi menjadi dua, yaitu :
  1. Kerajaan Israel Utara atau disebut Kerajaan Israel yang terdiri dari 10 suku. Ibukotanya adalah Samaria.
  2. Kerajaan Israel Selatan atau disebut Kerajaan Yehuda yang terdiri dari hanya 2 suku yaitu : Yehuda dan Benyamin. Ibukotanya adalah Yerusalem.
Kerajaan Israel Utara bersekutu dengan bangsa Mesir dan Asyur. Begitu pula dengan Kerajaan Israel selatan yang bersekutu tidak hanya dengan Mesir dan Asyur, tapi juga dengan Babel. Hal ini pun makin lama makin menyeret bangsa Israel kepada penyembahan berhala dan illah-llah lain. Bahkan juga praktek mempersembahkan anak sebagai korban.
Yehezkiel 23:37
Sebab mereka berzinah, tangan mereka berlumuran darah dan mereka berzinah dengan menyembah berhala-berhalanya, bahkan anak-anak lelaki mereka yang dilahirkan bagi-Ku dipersembahkannya sebagai korban dalam api kepada berhala-berhalanya menjadi makanan.
Allah cemburu dan murka saat Israel mulai beribadah kepada allah lain dan menganggapnya sebagai dosa yang amat menjijikkan yang disamakan dengan pelacuran dan perzinahan.
Yehezkiel 23:39
Dan sedang mereka menyembelih anak-anak mereka untuk berhala-berhalanya, mereka datang pada hari itu ke tempat kudus-Ku dan melanggar kekudusannya. Sungguh, inilah yang dilakukan mereka di dalam rumah-Ku.
Maka Tuhan pun menjauh dari bangsa Israel oleh karena jijik ..
Yehezkiel 23:18
Oleh karena ia melakukan persundalannya dengan terang-terangan dan memperlihatkan sendiri auratnya, maka Aku menjauhkan diri karena jijik dari padanya, seperti Aku menjauhkan diri dari adiknya.
Bahkan menubuatkan hukuman untuk keduanya.
Kerajaan Israel Utara akan dihancurkan bangsa Asyur ...
Yehezkiel 23:9
Oleh sebab itu Aku menyerahkan dia ke dalam tangan kekasih-kekasihnya, dalam tangan orang Asyur, kepada siapa ia berahi.
Kerajaan Israel Selatan akan dihancurkan Babel ...
Yehezkiel 23:22-23
Oleh sebab itu, hai Oholiba, beginilah firman Tuhan ALLAH, memang engkau sudah menjauhkan dirimu dari kekasih-kekasihmu, tetapi sungguh, Aku akan menyuruh mereka bergerak melawan engkau; Aku akan membawa mereka melawan engkau dari sekitarmu:
 orang Babel dan semua orang Kasdim, orang Pekod, orang Soa dan orang Koa, dan semua orang Asyur bersama mereka, pemuda yang ganteng, bupati-bupati dan para penguasa semuanya, perwira-perwira dan pahlawan-pahlawan perang, pasukan kuda semuanya.
Demikianlah kelak terbukti Kerajaan Israel Utara akan hancur dan 10 suku Israel akan tercerai-berai. Sedangkan kelak Kerajaan Israel Selatan akan dihancurkan Kerajaan Babilonia di bawah pimpinan rajanya yaitu Nebukadnezar II dan hancur pulalah Kuil Salomo yang di dalamnya terdapat Tabut Perjanjian, dan tidak ditemukan lagi hingga sekarang. Pada saat itu sisa-sisa rakyat Kerajaan Israel Selatan yang masih hidup akan dibawa ke Babilonia menjadi orang-orang buangan.



Populer

Terbaru

Recent Posts Widget

Baca Juga

Arsip