Yesus Makan Roti Beragi Dalam Perjamuan Terakhir Bersama Para MuridNya

 

Yesus dan Para MuridNya Makan Roti Beragi Dalam Perjamuan Makan Malam terakhir

 

 

Pertama kita harus menemukan dulu hari dan tanggal dimana Yesus disalibkan. Sebelum itu harus dipahami dahulu bahwa di masa itu berlaku sistem penanggalan Kalender Yahudi dan Kalender Julian.

 

Dalam Kalender Yahudi maka pergantian hari adalah jam enam sore (tenggelamnya matahari), maka selanjutnya sudah masuk kepada hari berikutnya. Meskipun demikian jam enam sore sampai jam enam pagi tidaklah masuk hitungan jam melainkan adalah jeda atau persiapan menjelang esok hari. Dalam penanggalan Yahudi pembagian waktu adalah hanya 12 jam dari jam enam pagi (terbitnya matahari) sampai kepada jam enam sore (tenggelamnya matahari).

 

Sedangkan dalam Penanggalan Julian pergantian hari adalah setelah lewat tengah malam (pukul 00.00). Sistem penggalan Romawi tersebut membagi waktu menjadi 24 jam, yaitu 12 jam siang hari, serta 12 jam malam hari. Dan ini perlu dipahami dan diingat agar tidak terjadi salah paham dan memudahkan untuk memahami secara keseluruhan.

 

Selanjutnya mari kita ulas dari data Alkitab berikut:

 

Markus 15:42

Sementara itu hari mulai malam, dan hari itu adalah hari persiapan, yaitu hari menjelang Sabat.

 

Lukas 23:54

Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai.

 

Yohanes 19:31

Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib--sebab Sabat itu adalah hari yang besar--maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan.

 

Peristiwa Penyaliban Yesus pada Hari Jumat

 

Karena di hari itu pada sorenya jam enam atau ketika tenggelamnya matahari menurut Penanggalan Yahudi sudah masuk hari berikutnya yaitu Sabat.

 

Yohanes 19:14

Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: "Inilah rajamu!"

 

Hari itu adalah tanggal 14 Nisan

 

Karena di hari itu adalah Hari Persiapan Paskah. Dalam Tradisi Yahudi ada dua hari pesta Perayaan Paskah, dimulai tanggal 14 Nisan (13 Nisan jam enam sore) adalah Persiapan Paskah, dan setelah itu keesokan harinya yaitu tanggal 15 Nisan (14 Nisan jam enam sore) yang adalah Paskah Yahudi.

 

Keluaran 12:18

Dalam bulan pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu pada waktu petang, kamu makanlah roti yang tidak beragi, sampai kepada hari yang kedua puluh satu bulan itu, pada waktu petang.

 

בראשן בארבעה עשר יום לחדש בערב תאכלו מצת עד יום האחד ועשרים לחדש בערב

 

εναρχομενου τη τεσσαρεσκαιδεκατη ημερα του μηνος του πρωτου αφ εσπερας εδεσθε αζυμα εως ημερας μιας και εικαδος του μηνος εως εσπερας

 

Imamat 23:6

Dan pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN; tujuh hari lamanya kamu harus makan roti yang tidak beragi.

 

ובחמשה עשר יום לחדש הזה חג המצות ליהוה שבעת ימים מצות תאכלו

 

και τη πεντεκαιδεκατη ημερα του μηνος τουτου εορτη των αζυμων τω κυριω επτα ημερας αζυμα εδεσθε

 

 

Bilangan 9:5

Maka mereka merayakan Paskah pada bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, pada waktu senja, di padang gurun Sinai; tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah dilakukan orang Israel.

 

Bilangan 28:16-17

"Dalam bulan yang pertama, pada hari yang keempat belas bulan itu, ada Paskah bagi TUHAN.

Pada hari yang kelima belas bulan itu ada hari raya; tujuh hari lamanya harus dimakan roti yang tidak beragi.

 

Perayaan Hari Raya Roti tidak beragi (αζυμων, המצות) dilakukan pada tanggal 15 Nisan (14 Nisan lewat jam enam sore)

 

Selanjutnya mari kembali pada waktu malamnya sebelum penyaliban, ketika Yesus mengadakan Perjamuan Makan Malam bersama Para MuridNya.

 

Markus 14:12

Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya: "Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"

 

Καὶ τῇ πρώτῃ ἡμέρᾳ τῶν ἀζύμων, ὅτε τὸ Πάσχα ἔθυον, λέγουσιν αὐτῷ οἱ μαθηταὶ αὐτοῦ, Ποῦ θέλεις ἀπελθόντες ἑτοιμάσωμεν ἵνα φάγῃς τὸ Πάσχα;

 

Matius 26:17

Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata: "Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?"

 

Τῇ δὲ πρώτῃ τῶν ἀζύμων προσῆλθον οἱ μαθηταὶ τῷ Ἰησοῦ, λέγοντες αὐτῷ, Ποῦ θέλεις ἑτοιμάσομέν σοι φαγεῖν τὸ Πάσχα;

 

Perjamuan Malam Terakhir adalah tanggal 13 Nisan sore/malam yang mana telah masuk tanggal 14 Nisan

 

Itu adalah Perjamuan Makan Malam Terakhir yang dilakukan Yesus dengan para MuridNya sebelum Dia ditangkap di Taman Getsemani tengah malam.

 

Saat Perjamuan tersebut, Yesus mengajarkan merayakan PaskahNya sendiri dan bukan lagi Paskah Yahudi

 

Matius 26:26

Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku."

Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini.

Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

 

Ἐσθιόντων δὲ αὐτῶν, λαβὼν ὁ Ἰησοῦς τὸν ἄρτον, καὶ εὐχαριστήσας, ἔκλασεν καὶ ἐδίδου τοῖς μαθηταῖς, καὶ εἶπεν, Λάβετε, φάγετε· τοῦτό ἐστιν τὸ σῶμά μου.

Καὶ λαβὼν τὸ ποτήριον, καὶ εὐχαριστήσας, ἔδωκεν αὐτοῖς, λέγων, Πίετε ἐξ αὐτοῦ πάντες·

τοῦτο γάρ ἐστιν τὸ αἷμά μου, τὸ τῆς καινῆς διαθήκης, τὸ περὶ πολλῶν ἐκχυνόμενον εἰς ἄφεσιν ἁμαρτιῶν.

 

ויהי באכלם ויקח ישוע את-הלחם ויברך ויפרס ויתן לתלמידים ויאמר קחו ואכלו זה הוא גופי

ויקח את-הכוס ויברך ויתן להם ויאמר שתו ממנה כלכם

כי זה הוא דמי דם-הברית החדשה הנשפך בעד רבים לסליחת חטאים

 

Markus 14:22

Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Ambillah, inilah tubuh-Ku."

Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka, dan mereka semuanya minum dari cawan itu.

Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang.

 

Καὶ ἐσθιόντων αὐτῶν, λαβὼν ὁ Ἰησοῦς ἄρτον εὐλογήσας ἔκλασεν, καὶ ἔδωκεν αὐτοῖς, καὶ εἶπεν, Λάβετε, φάγετε· τοῦτό ἐστιν τὸ σῶμά μου.

Καὶ λαβὼν τὸ ποτήριον εὐχαριστήσας ἔδωκεν αὐτοῖς· καὶ ἔπιον ἐξ αὐτοῦ πάντες.

Καὶ εἶπεν αὐτοῖς, Τοῦτό ἐστιν τὸ αἷμά μου, τὸ τῆς καινῆς διαθήκης, τὸ περὶ πολλῶν ἐκχυνόμενον.

 

ויהי באכלם ויקח ישוע לחם ויברך ויבצע ויתן להם ויאמר קחו אכלו זה הוא גופי

ויקח את-הכוס ויברך ויתן להם וישתו ממנה כלם

ויאמר להם זה דמי דם-הברית החדשה הנשפך בעד רבים

 

Roti Perjamuan tersebut adalah roti biasa yang beragi (ἄρτον / לחם) ...

 

Karena memang belum waktunya mengadakan Perjamuan Perayaan Roti Tidak Beragi (αζυμων, המצות) yang baru akan dirayakan keesokan sorenya (besoknya ketika lewat jam enam sore).

 

Sejak hari itu maka ditetapkanlah bagi para Rasul serta Pengikut Kristus untuk memperingati Paskah versi Yesus Kristus sendiri yaitu hari kematianNya dan kebangkitanNya.

 

Maka dari itu bisa dikatakan bahwa :

 

Perayaan Paskah adalah Tradisi Rasuliah …

 

Populer

Terbaru

Recent Posts Widget

Baca Juga

Arsip