Siapakah Yang Berbohong Tentang Jumlah Keledai






Ada yang mencoba mengutak-atik ayat-ayat berikut, antara lain:

Matius 21:2, Lukas 19:30, Markus 11:2, Yohanes 12:14

Berusaha untuk mencari kontradiksi untuk membuktikan bahwa Alkitab salah. Ayat-ayat tersebut dipertentangkan tentang berapa jumlah keledai yang diambil murid-murid Yesus.

Sebenarnya juga itu bukan pertanyaan penting dan cenderung mengada-ada. Akan tetapi hal itu akan dibahas demi membuktikan bahwa mencari-cari kesalahan Alkitab hanya akan membodohi diri sendiri.

 


 

 



Kita catat dulu data yang ada ...

 

Matius 21:2

dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku.

 

Markus 11:2

dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu. Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari.

 

Lukas 19:30

dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu: Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan mendapati seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah ke mari.

 

Yohanes 12:14

Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis:

 

Dari data diatas sebenarnya mudah sekali mendapat jawabannya. Tapi sebelum menjawabnya ada baiknya untuk mencari tahu juga: “untuk apa Yesus menyuruh muridNya membawa keledai”...?

 

Tentu saja agar Yesus bisa menaikinya ... (Yohanes 12:14)

Nah ... Itu dia kuncinya ...

 

Yesus menaiki satu keledai atau dua keledai ...?

Tentu saja satu keledai bukan ...

 

Matius 21:7

Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesus pun naik ke atasnya.

 

Jadi bisa disimpulkan para murid Yesus membawa dua ekor keledai, yaitu: seekor keledai betina, dan seekor lagi keledai muda anaknya. Akan tetapi Yesus menaiki keledai yang muda tersebut.

Namun kelak dalam penulisannya di catatan masing-masing maka Rasul Yohanes, Lukas dan Markus hanya memperhitungkan keledai yang muda saja, karena itu yang ditunggangi GuruNya.

Sedangkan Rasul Matius tetap menuliskan keledai induknya juga ikut dibawa, meskipun tidak dinaiki GuruNya, namun keledai itu tetap ikut dalam rombongan Yesus yang menaiki keledai muda anaknya, menuju Yerusalem.

 

Tidak ada kontradiksi ...

Hanya data kesaksian dari empat sudut pandang yang berbeda ...

Keempat data saling melengkapi, terangkum menjadi satu fakta kronologi ...

 

Dan ...

Jangan menuduh Yesus menyuruh muridnya mencuri keledai tersebut ...!

 

Markus 11:6

Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka.

 

Nah ... Ayat tersebut bukti jelas jika orang-orang kampung pemilik kedua keledai tersebut mengijinkan murid-murid Yesus membawanya ...

  

Jadi ...

Terlalu mengada-ada jika ayat-ayat tersebut dijadikan bahan kontradiksi guna mencari-cari kesalahannya ...

Itu membodohi diri sendiri ...



Populer

Terbaru

Recent Posts Widget

Baca Juga

Arsip